Selasa, 14 April 2020

Format Penilaian Antar Peserta Didik

Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antarpeserta didik adalah lembar penilaian antarpeserta didik. Lembar penilaian masing-masing guru mungkin berbeda, Penilain ini termasuk dalam penilaian sikap sosial. Penilaian kompetensi sikap sosial dilakukan oleh semua pendidik selama satu semester, hasilnya diakumulasi dan dinyatakan dalam bentuk deskripsi kompetensi oleh wali kelas/guru kelas.

Deskripsi sikap dirumuskan berdasarkan akumulasi capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar (KD) pada semester berjalan. Sikap sosial merupakan bagian dari Kompetensi Inti 2 yaitu Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga, dan guru.
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  Format Penilaian Antar Peserta Didik
Penilain sikap sosial antar peserta didik dapat menggunakan format penilaian seperti di bawah ini (hanya contoh sja, mungkin anda juga memiliki bentuk yang lain).

Berikut ini contoh format penilaian antar peserta didik .
Nama Teman yang Diamat:Agus
Nama Pengamat:Budi
Kelas:V (lima)
Tanggal Pengamatan:4 Desember 2014
Tema/Sub Tema:Usaha Pelestarian Lingkungan
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti !
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut dengan :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No.Perilaku yang DiamatiSkor
4321
1.Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh....................
2.Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian....................
3.Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu....................
4.Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami....................
5.Berperan aktif dalam kelompok....................
6.Menyerahkan tugas tepat waktu....................
7.Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting....................
8.Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik....................
9.Menghormati dan menghargai teman....................
10.Menghormati dan menghargai guru....................
Jumlah Skor...........

Setelah peserta didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format penilaian seperti di bawah ini.
NoNama SiswaPerilaku yang Diamati
Perl 1Perl 2Perl 3Perl 4Perl 5Perl 6Perl 7Perl 8Perl 9Perl 10NilaiKonversiKet.
1Agus23222312432,80BTuntas
2Budi......................................................

Nilai Peserta Didik = Skor/Skor maks (40) x 100
Nilai Agus = 24/40 x 100 = 60. Konversi = 60/100 x 4 = 2,8 = B

Keterangan :
KKM = 2,33
>3,33 =SB, >2,33 =B, >1,33 C, <1,33 = K

Perilaku yang Dinilai :
  1. Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
  2. Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
  3. Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
  4. Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
  5. Berperan aktif dalam kelompok
  6. Menyerahkan tugas tepat waktu
  7. Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting
  8. Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
  9. Menghormati dan menghargai teman
  10. Menghormati dan menghargai guru

Penilaian Antar Peserta Didik 2
Pada format penilaian peserta didik yang kedua jumlah pertanyaan lebih banyak yaitu 22 pertanyaan sehingga untuk skor maksimum menjadi 88 (22 x 4). Teknik penilaian sama seperti pada teknik penilaian di atas. Berikut ini daftar pertanyaannya
  1. Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum.
  2. Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru
  3. Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan / hati orang/siswa lain.
  4. Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
  5. Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
  6. Berpakaian rapi dan bersih
  7. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan.
  8. Datang lebih awal (tidak terlambat)
  9. Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
  10. Mengerjakan soal latihan ke depan (papan tulis)
  11. Membuang sampah pada tempatnya.
  12. Menolong orang lain yang sedang dalam kesulitan/kesusahan.
  13. Aktif bertanya di dalam proses pembelajaran
  14. Berdo’a di awal dan akhir pembelajaran
  15. Masuk tepat waktu
  16. Mengumpulkan tugas tepat waktu
  17. Memakai seragam sesuai tata tertib
  18. Mengerjakan tugas yang diberikan
  19. Tertib dalam mengikuti pembelajaran
  20. Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
  21. Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
  22. Membawa buku teks mata pelajaran